TERJADI LAGI DANA KIP SISWA SMK IMFORMATIKA AL-IHYA BANJARSARI, DIDUGA DIPOTONG HINGGA 100 PERSEN

Onlinebuser.com, Ciamis – Diprediksi dari Informasi yang didapat ada diantaranya beberapa sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan (SMA/SMK) di Kabupaten Ciamis menjadi korban pemotongan Dana Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kementerian Pendidikan. Potongan berkisar 10-30 persen tersebut diduga dilakukan oleh oknum operator dan pihak sekolah baik Negeri maupun Swasta.

Pemotongan Dana Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang di diduga dilakukan oleh pihak sekolah SMK Imformatika Al-Ihya Banjarsari Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Dana yang seharusnya diterima oleh siswa, hal yang terjadi adalah dipotong langsung untuk pembayaran SPP dan tunggakan yang lainnya, dan tragisnya banyak beberapa siswa yang tidak menerima haknya sedikitpun, ini sangat menyedihkan bagi lingkungan dunia pendidikan saat ini. Dan ketika SKM BUSER / ONLINE BUSER mewancarai salah satu siswa kelas 10 yang namanya dirahasiahkan, dia seharusnya menerima Dana KIP sebesar Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) namun uang hanya diterima sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah) saja, karena dirinya 2 bulan belum bayar SPP, sehingga terjadilah pemotongan langsung oleh pihak sekolah,” ucapnya.

Padahal kalau pihak sekolah lebih teliti dengan keadaan latar belakang siswa siswinya, ada diantaranya siswi yang sudah yatim piatu dan sangat perlu ditolong. Inilah yang sangat tidak berprikemanusiaan yang dilakukan oleh pihak sekolah SMK Imformatika Al-Ihya Banjarsari yang pimpin oleh Kepsek Asep Hendi, dan Wakasek Irma, dan Bp. Nosa.

Pak NN, 35 tahun, warga Kecamatan Purwadadi, mengeluhkan pemotongan Dana yang dilakukan pihak sekolah tersebut, yang kebetulan anaknya juga menuntut ilmu di sana. “Anak saya sekarang kelas 12 dan menerima dana KIP seharunya Rp. 1.000.000,- (satu juta rupiah), namun anak saya tidak menerima sejumlah tersebut, sudah dipotong langsung oleh sekolah untuk tunggakan yang diantaranya untuk Dana perpisahan,” ucapnya kepada SKM BUSER / ONLINE BUSER.

“Akhirnya pulang tidak membawa uang sama sekali,” katanya sambil menunjukkan kuitansi pemotongan Dana.

Dana bantuan dari Pemerintah Pusat tersebut dibagikan ke siswa melalui wali murid T.A. 2018. Di sekolah itu, hampir setengahnya dari banyak jumlah siswa mulai dari kelas 10 sampai kelas 12. Jumlahnya bervariasi, mulai Rp. 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) hingga Rp.1.000.000,- (satu juta rupiah) per anak.

Dan ketika SKM BUSER / ONLINE BUSER mendatangi pihak sekolah, Kamis (17/1/19) bermaksud ingin klarifikasi sekitar Pukul. 11.00 WIB, namun di sekolah tidak terdapat satu orangpun guru, menurut salah satu satpam katanya seluruh guru sedang menengok Bp. Kepala Sekolah yakni Pak Asep yang sedang sakit di RSU Kotip Banjar.

“Namun SKM BUSER / ONLINE BUSER menghubungi melalui whatshap ke Ibu Irma yang notabene sebagai wakasek, beliau menjanjikan hari Senin (21/1/19) akan bertemu dengan pihak SKM BUSER / ONLINE BUSER, namun sampai berita ini diturunkan tidak pernah ada panggilan. Dan watshap juga diluncurkan ke Ibu Erna hanya dibaca saja tidak ada balasan, apalagi ke Pak Nosa wathsap kami langsung diblokir, inilah bukti tidak Kooperatif.

Sedikit mendapat impormasi dari salah satu warga sekolah, tentang pemotongan Dana KIP yang dilakukan oleh pihak sekolah, ini sudah mendapat persetujuan dari seluruh orang tua murid,” ucapnya kepada SKM BUSER / ONLINE BUSER.

Namun dari sisi lain tentang pemotongan Dana KIP, apapun bentuk alasannya jelas tidak diperbolehkan. Ini hak mereka (siswa) yang betul-betul harus diterima oleh siswa yang bersangkutan. Ketika pihak sekolah atau pihak manapun berani memotong atau menggunakan dana Kip tersebut maka jelas akan mendapatkan sanksi Pidana.

Padahal Pak Bupati Ciamis sebelumnya menandaskan, tidak diperbolehkan Dana bantuan KIP dipotong dengan alasan apa pun. Sebab, bantuan itu merupakan hak siswa dan harus diberikan utuh kepada siswa penerima.

“Ya kalau soal sanksi, siapa pun yang melanggar tentu akan kami jatuhi sanksi sesuai peraturan yang berlaku,” tandasnya. Ini termasuk pungli.

Liputan/Rilis: (Team Skm Buser)
Publish : Baraboy

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: