Sikapi Pengaduan Masyarakat Soal Dugaan Limbah, DLH Inhu Segera Sidak PKS PT. BIM

Onlinebuser.com, INHU RIAU  – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Inhu segera melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. BIM yang beroperasi di Desa Danau Rambai, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Inhu, Riau.

Sidak yang belum ditentukan harinya tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat. “Ini dilakukan untuk menyikapi pengaduan masyarakat yang kita terima hari in,” ujar Kepala DLH Kabupaten Inhu Ir. Selamat MM kepada wartawan selasa 11 Desember 2018.

Dikatakan, pengaduan masyarakat tersebut menyangkut dugaan pencemaran lingkungan dan munculnya aroma tidak sedap yang mengganggu kesehatan masyarakat. Hal itu diduga berasal dari asap PKS dan dugaan bocornya saluran limbah.

“Untuk pastinya, tim akan turun ke lapangan sekaligus mengambil sampelnya untuk diuji ke laboratorium. Bila nanti terbukti, managemen PKS PT. BIM melakukan pencemaran akan ditindak tegas sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Dikatakan, tidak tertutup kemungkinan PKS lainnya juga akan disidak dan apabila terjadi masalah pencemaran lingkungan yang merugikan masyarakat, tentu akan ditidaktegas.

“DLH sudah jauh hari mengimbau dan mengingatkan pemilik PKS agar tidak lalai dalam melakukan pengawasan terhadap pengelolaan limbahnya,” ujarnya.

Apalagi saat ini, intensitas hujan cukup tinggi dan rentan menimbulkan banjir. “Tentunya akan mempengaruhi sistem pembuangan limbah yang bisa saja meluap dan menyebabkan pencemaran. Akhirnya tentu saja bisa merugikan masyarakat,” tukasnya.

 

 

 

Liputan Rilis: (Rolijan).
Editor : Nofri

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!