Polres Purbalingga Sosialisasikan Anggaran 2019.

Onlinebuser.com, Purbalingga – Kepolisian Resor Purbalingga menggelar Sosialisasi Alokasi Anggaran Tahun 2019. Sosialisasi dilaksanakan sebagai wujud transparasi anggaran. Acara ini digelar di Aula Loka Anindhita, Mapolres Purbalingga, Kamis (20/12/2018).

Dalam sambutannya Kapolres Purbalingga AKBP Kholilur Rochman, S.H.,S.I.K., M.H mengatakan sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang tentang Perbendaharaan Negara ada lima prinsip dalam pengelolaan keuangan.

Lima prinsip tersebut yaitu akuntabilitas, proporsionalitas, profesionalitas, keterbukaan pengelolaan keuangan dan pemeriksaan oleh lembaga independen.

“Kita diberikan anggaran oleh negara melalui uang rakyat, maka kita harus mempunyai 4 prinsip dalam pelaksanaanya yaitu perencanaan, pendistribusian, pertanggung jawaban dan hasil,” kata kapolres.

Lebih lanjut kapolres menegaskan, karena merupakan uang rakyat maka pengelolaannya harus terbuka dan bisa dipertanggungjawabkan serta harus akuntabel.

Selain itu, nantinya juga akan dilakukan pemeriksaan-pemeriksaan. Dalam pengelolaan keuangan negara ini, yang tidak kalah pentingnya adalah hasil dan manfaat bagi Polri dan masyarakat.

“Ini adalah amanat yang diberikan rakyat kepada kita melalui DIPA tahun 2019. Jangan sampai kita melakukan kegiatan-kegiatan, anggarannya ada namun hasilnya tidak ada. Oleh sebab itu laksanakan penggunaan anggaran dengan baik sesuai dengan ketentuan sehingga tujuan negara tercapai,” pesan kapolres.

Sementara itu, Kabagren Polres Purbalingga AKBP Siti Khayati dalam acara menyampaikan tentang paparan tentang anggaran Polres Purbalingga di tahun 2019. Disampaikan bahwa Polres Purbalingga menerima anggaran sebesar Rp.76.759.857.000,-. Angaran tersebut dialokasikan untuk belanja pegawai sebesar Rp. 53.185.567.000,- dan belanja barang sebesar Rp. 23.574.290.000,-. Selain itu, disampaikan juga rincian anggaran di masing-masing bagian, satuan dan polsek.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Asisten 1 Setda, Agus Winarno yang mewakili Plt Bupati Purbalingga, Ketua DPRD Purbalingga H. Tongat, serta perwakilan dari sejumlah media. Selain tamu undangan, kegiatan juga diikuti oleh wakapolres, para kabag, kasat, kapolsek dan anggota yang mengawaki anggaran.

Hadir juga dalam kegiatan tim dari Biro Perencanaan Polda Jawa Tengah. Tim dari Polda yang hadir dipimpin oleh AKBP Yudi Priyono, S.H., S.TMk., M.H. Tim dari polda hadir melakukan pendampingan dan pemantauan sosialisasi yang dilaksanakan di Polres Purbalingga serta memberikan arahan pelaksanaan anggaran.

Sebelum acara ditutup, dilakukan penandatanganan Pakta Integritas oleh perwakilan kabag, kasat dan kapolsek. Pakta integritas juga ditandatangani oleh Kapolres Purbalingga.

 

 

 

Liputan Rillis : Kurniawan.
Editor : Nofri.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!