POLRES PATI BERHASIL UNGKAP KASUS CURANMOR SEBANYAK 35 SEPEDA MOTOR DIAMANKAN

Onlinebuser.com, Pati – Bertempat dihalaman Mapolres Pati Jalan A.Yani Nomer 1 Pati, Selasa ( 12/02 ) telah digelar Konferensi Pers terkait  kasus curanmor yang berhasil diungkap jajaran satuan Reserse Kriminal  (Satreskrim ) Polres Pati dengan mengamankan sebanyak 35 unit sepeda motor berbagai merk dari tangan pelaku curanmor beserta 2 orang  penadah  yang berhasil ditangkap dari beberapa tempat kejadian perkara  ( TKP ) selama rentang waktu tahun 2018 hingga awal tahun 2019.

        Konferensi Pers dihadiri oleh Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto SIk dengan didampingi Kasat Reskrim AKP Yusi Andi Sukmana SH.MH, Kasat Shabara AKP Sugino SH.MH, Kasubbaghumas Iptu Agung Suharyono SH, KabagOps Kompol Supriyanto SH.MH, Kasi Propam Iptu Sukarno, serta anggota lainnya.

         Kapolres Pati AKBP Jon Wesly Arianto S.Ik dalam keterangannya kepada awak media mengatakan  bahwa,” Ini adalah pengungkapan kasus curanmor  terbesar di Kabupaten Pati selama rentang waktu tahun 2018 hingga awal tahun 2019 ini. Tiga orang pelaku berhasi l diamankan, satu orang merupakan pelaku utama, sedangkan dua orang merupakan penadah. Sebanyak 35 unit kendaraan roda dua berbagai jenis berhasil diamankan dari tangan pelaku yang berjumlah 2 orang,1 orang pelaku telah berhasil ditangkap, sementara 1 pelaku lagi menjadi DPO beserta 2 orang penadah yang telah berhasil diamankan,”jelasnya.

          Kronologis penangkapan berawal kejadian di tanggal 31 Januari 2019 digabus,  pelaku yang saat itu menggunakan motor Mio mengambil Yamaha Vixion yang saat itu sedang diparkir di tepi  sawah. Setelah berhasil mengambil Vixion , Yamaha Mio yang saat  itu dikendarai oleh  pelaku ditinggal di TKP. Berdasar informasi tersebut, petugas kemudian melakukan penyelidikan hingga berhasil mendapatkan identitas pemilik kendaraan tersebut, dan ternyata kendaraan yang dicuri berada dirumah pelaku. Setelah dilakukan pengembangan akhirnya didapati dua orang sebagai penadah dari motor hasil curian tersebut ,”paparnya.

          “Satu dari dua pelaku utama telah berhasil diamankan  bernama Mat Cahyo alias Yoyok dan satu pelaku lagi yang saat ini DPO dengan inisial MA. Sementara dua orang penadah telah juga diamankan atas nama Sudarmanto alias Mat Gulo bin Karsan dengan barang bukti 28 unit kendaraan, dan Sugiyono dengan barang bukti sebanyak 7 kendaraan. Semua kendaraan yang ada di beli dari pelaku. Pelaku menjual kepada para penadah berkisar 1,5 juta per unit,” terangnya.

      “Modus yang digunakan pelaku mengambil sepeda motor yang ditinggal pemiliknya di tepi sawah dengan menggunakan kunci T. Kunci T tersebut sebagai barang bukti hingga saat ini masih dicari karena dibawa oleh tersangka yang sudah DPO,”imbuhnya.

Pelaku merupakan spesialis pelaku curanmor, yang wilayah operasinya meliputi sukolilo, gabus, tambakromo dan beberapa TKP lainnya. Semua kendaraan yang dicuri/diambil berada ditepi sawah. Untuk mengelabuhi petugas, pelaku mempreteli kendaraan yang telah diambil, juga mengganti plat nomor  ( Nopol ) dengan nopol warna merah ( motor dinas ).

        “Akibat dari perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana 7 tahun penjara,”tegasnya.

Lebih lanjut Kapolres menghimbau kepada masyarakat yang merasa pernah melaporkan kehilangan sepeda motor, bisa datang dan mengecek kendaraannya dengan membawa serta bukti-bukti kepemilikan sepeda motor yang sah. Masyarakat tidak perlu khawatir karena sepeda motor dapat diambil tanpa dipungut biaya cukup dengan menunjukkan bukti kepemilikan kendaraan yang sah.

“Diharapkan masyarakat dapat bekerjasama dengan menjaga kendaraannya dengan baik seperti memberi kunci tambahan agar jangan sampai menjadi korban,” pungkasnya.

Liputan Rilis: ( Hery / Willy )
Editor : Nofri

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!