Polres Barut Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2018,Dan Pemusnahan Barang Bukti Antik Telabang 2018 dan KKYD

Onlinebuser.Com, Muara Teweh – Kapolres Barut AKBP Dostan Matheus Siregar, S.I.K., pada Jumat (21/12/2018) pukul 08.00 Wib, bertempat di Halaman depan kantor Polres Barut,memimpin Langsung pemusnahan barang bukti hasil operasi Antik Telabang 2018 dan KKYD Polres Barut, di lanjutkan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang – 2018, dalam rangka pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Operasi Lilin Telabang 2018 serentak di gelar di Jajaran Kepolisian Republik Indonesia termasuk Polres Barut Polda Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019.

Tampak hadir dalam apel gelar Pasukan Operasi Lilin Polres Barut sebagai Undangan Kapolres Barut AKBP Dostan Matheus Siregar, S.I.K., Bupati Barut, Kepala Kejaksaan Negeri Muara Teweh,Anggota DPRD Barut,Kepala Damkar Kab. Barut, Ketua KPU Kab. Barut, Komisioner Bawaslu Kab. Barut,kepala PU Barut.

Sementara pasukan apel gelar pasukan Operasi Lilin Telabang 2018 terdiri dari Anggota Kodim 1013 1 SSK, Anggota Shabara Polres Barut 1 SSK, Gabungan Staf Polres Barut 1 SST, Satlantas Polres Barut 1 SST, Senkom Kab.Barut 1 regu, dan Damkar Kab. Barut 1 SST, Gabungan Satpol PP dan Perhubungan Kab.Barut 1 SST dan Pramuka Saka Bhayangkara 2 SST.

Selain pasukan dalam apel tersebut di gelar kendaraan dinas Polri baik roda enam, roda empat maupun roda dua, Ambulance dan Mobil Damkar.

Dalam Apel Gelar Pasukan tersebut Kapolres Barut AKBP Dostan Matheus Siregar,S.I.K.,bertindak sebagai Inspektur Upacara yang membacakan Amanat Kapolri Jendral Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D. dan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2018 dalam rangka pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dan apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan terhadap kesiapan seluruh personil pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya, serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan.

“Oleh karena itu, seluruh pemangku kepentingan perlu melakukan konsolidasi bersama sembari mengecek kesiapan pengamanan, serta menyamakan persepsi, agar pengamanan dapat berjalan dengan lancar. Soliditas dan sinergisitas yang baik di antara para pemangku kepentingan, menjadi salah satu kunci utama yang harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan”, tutur Kapolres Barut membacakan amanat Kapolri.

Operasi Lilin Telabang 2018 Polres Barut melibatkan 100 Personel yang dibantu oleh stake holder lainnya yaitu, TNI-AD, Satpol PP, Pramuka Saka Bhayangkara, Tenaga Medis dari Dinas Kesehatan, Damkar, Senkom Mitra Polri dan KBPPP Polri, Persatuan Radio Orari dan Amatir Kabupaten Barut dengan menggelar 4 Pos Pelayanan yang berlokasi di simpang tiga jingah,simpang Dermaga,Pasar Pertokoan dan Bundaran Buah kota Muara Teweh.

Lebih lanjut Kapolres Barut AKBP Dostan Matheus Siregar,S.I.K.dalam membacakan amanat Kapolri mengatakan Peningkatan Intensitas Kegiatan Masyarakat, akan memunculkan potensi meningkatnya kejahatan konvensional seperti begal, premanisme, maupun aksi street crimes seperti pencurian, pencopetan, dan sebagainya.

Upaya cipta kondisi seperti Operasi Zebra Dan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan dengan sasaran kejahatan jalanan, premanisme, penertiban penyakit masyarakat, miras, dan petasan telah dilaksanakan. terkait dengan aksi terorisme, peran satgas antiteror polda jajaran perlu untuk ditingkatkan.

upaya-upaya preemtive strike terhadap seluruh jaringan pelaku teror perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya aksi terorisme. Selain itu, guna meningkatkan keamanan personel di lapangan, perlu diterapkan buddy system dan peningkatan kewaspadaan personel. terhadap potensi aksi sweeping oleh ormas tertentu, perlu dilakukan imbauan kepada para tokoh ormas agar tidak melakukan upaya sweeping, melainkan melaporkannya kepada pihak Kepolisian. Selanjutnya, petugas Kepolisian yang menerima laporan segera merespon sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jajaran Kepolisian dan stake holders terkait dapat melaksanakan upaya proaktif, guna menjamin terwujudnya moda transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat.

Sedangkan dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas harga pangan yang banyak dipengaruhi oleh kelancaran suplai dan distribusi, saya menekankan agar seluruh jajaran terus melakukan kegiatan pendampingan dan operasi pasar secara bersama dengan seluruh instansi terkait.

jika perlu, lakukan penegakan hukum secara tegas terhadap para pelaku penimbunan, monopoli, dan mafia pangan secara tepat, yang tidak menimbulkan dampak kontra produktif.

Usai membacakan amanat Kapolri, Kapolres Barut AKBP Dostan Matheus Siregar,S.I.K.
Menyematkan pita kepada Delapan perwakilan anggota dan instansi terkait, sebagai tanda dimulainya Operasi Lilin Telabang 2018.

Kapolres Barut AKBP Dostan Matheus Siregar,S.I.K.mengatakan “ yang terpenting dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Telabang 2018, kerjasama dan sinergisitas yang sudah terjalin dengan baik ini, dapat di pertahankan dan terus ditingkatkan untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik kepada Masyarakat,”ungkapnya.

(Tony S.Pd)

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!