Warga Wlahar Tuntut TPS Pilkades Dipindah

Onlinebuser.com, Purbalingga – Tidak puas dengan adanya pertemuan di Kantor desa setempat beberapa waktu lalu, sebagian warga Desa Wlahar Kecamatan Rembang Purbalingga mendatangi Pendopo Kabupaten, Senin (10/12/2018) menuntut terkait keberadaan TPS yang akan digunakan saat Pilkades mendatang dipindah. Para demonstran di temui oleh Kabag Pemerintahan Setda Purbalingga Raditya Widayaka, AP. Sejumlah perwakilan masuk untuk melakukan audiensi.

Hadir dalam audensi Kabid Tibumtranmas Satpol PP Revon Haprindiat, Forkopimcam Rembang, Pj Kades Wlahar Bambang Haryanto, Ketua BPD Wlahar, Anggota BPD Wlahar, Ketua Panitia Pemilihan Pilkades Desa Wlahar Al Triyanto, para Calon Kades Wlahar Muntohar dan Ali, dan Perwakilan Pemohon diantaranya Supan Khotib Ali Sarjono dan Andriyanto.

Kabag Pemerintahan Kabupaten Purbalingga Raditya Widayaka menyampaikan Pemkab memfasilitasi pelaksanaan Pilkades. Pihaknya meminta, agar para Calon Kades menerima kesepakatan yang sudah dibuat supaya tidak ada polemik dimasyarakat. Pasalnya, kesepakatan ini sudah melalui mekanisme yang ada maka bagi kami jalankan tahapan Pilkades selanjutnya.

“Kami menjalankan keputusan yang sudah disepakati para pihak di tingkat Desa jika hal ini kita akomodir, tidak ada jaminan tidak ada masalah dikemudian hari,” ujarnya.

Andrianto dari perwakilan warga menyampaikan bahwa pihaknya merasa keberatan dengan penetapan TPS di SD N 1 Wlahar. Mereka masih meminta untuk pemindahan TPS ke Lapangan Desa Wlahar. Satu diantara alasanny adalah, akses masyarakat menuju lapangan desa Wlahar sangat mudah dan secara geografis sangat strategis.

“Kami menilai TPS di SD N 1 Wlahar kurang representatif dan menyulitkan penyandang cacat, selagi ada tempat yang lebih baik dari yang sekarang maka kami pilih tempat yang terbaik,” katanya.

Selanjutnya ia menjelaskan, usulan lokasi TPS ke Lapangan sudah diberikan sebelum ada kesepakatan lokasi TPS. Namun, dari panitia dan BPD tidak merespon usulan tersebut.

Padahal, menurutnya, usulan tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah dan indikator kesuksesan Pilkades yaitu akan meningkatkan angka partisipasi masyarakat dalam berdemokrasi.

Ketua Panitia Pemilihan Pilkades Desa Wlahar Al Triyanto menanggapai, pada dasarnya panitia telah menjalankan tahapan Pilkades sesuai aturan yang berlaku. Dari kesepakatan Panitia, Pj. Kades Wlahar dan Para Calon Kades Wlahar telah menyetujui tata tertib Pilkade Desa Wlahar.

Sementara Pj Camat Rembang Suroto, yang juga hadir pada kesempata itu menyampaikan bahwa kesepakatan penentuan TPS Desa Wlahar telah ditandatangani para Bakal Calon Kades artinya tahapan Pilkades telah dilaksanakan sebagaimana mestinya.

“Tahapan yang sudah dilaksanakan Panitia Pilkades sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga disepakati bahwa Lokasi TPS Pilkades tetap akan dilaksanakan di SD N 1 Wlahar sesuai dengan Berita Acara Penentuan TPS,” katanya.

 

 

Liputan Rillis : Kurniawan.
Editor : Nofri.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: