Panlak Pilkades Desa Banjarkerta Diprotes Terkait Penyusunan Tatib

Onlinebuser.com, Purbalingga – Kondisi Pilkades Desa Banjarkerta Kecamatan Karanganyar kian memanas. Hal tersebut dikarenakan terkait penyusunan tata tertib (Tatib) yang dianggap diskrimitatif. Panitia Pelaksana (Panlak) Pilkades menuai protes oleh warga.

“Kami persoalkan penyusunan tata tertib yang dilakukan oleh Badan Perwakilan Desa (BPD) periode sebelumnya. Kondisi itu menyebabkan ada salah satu Calon Kades yang diuntungkan dan ada yang dirugikan. Ini sangat tidak demokratis,” ujar Perwakilan warga Slamet Widodo kepada wartawan, Jumat (14/12/2018).

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain itu pihaknya mempersoalkan mengenai banyaknya warga yang sudah memiliki hak pilih namun tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Kami berencana akan melaporkan indikasi kecurangan dan ketidaknetralan tersebut kepada Panwas Pilkades. Kami berharap Pilkades bisa berjalan demokratis,” ucapanya.

Seperti diketahui Pilkades Banjarkerta diikuti oleh dua Cakades. Masing-masing  Sukno dan Supriyadi. Raditya Widayaka Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Purbalingga ketika dikonfirmasi melalui telefon mengatakan pihaknya sudah turun langsung ke lapangan.

“Mengenai adanya ketidakpuasan dari warga menurutnya lebih baik dikoordinasikan dengan Panlak. Jika memang ada indikasi pelanggaran silakan dilaporkan ke Panwas,” tandasnya.

Kabupaten Purbalingga akan melaksnakan pesta demokrasi Pilkades serentak pada hari Minggu (16/12/2018). Sebanyak 521 Cakades akan bersaing di perhelatan politik tersebut.

Raditya mengharapkan tahapan Pilkades bisa berjalan lancar dan proses pemungutan suara berlangsung aman dan demokratis.

 

 

Liputan Rillis : Kurniawan.
Editor : Nofri.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: