GELAR RAZIA RUTIN, RATUSAN PENGENDARA TERJARING PELANGGARAN

Onlinebuser.com, KUDUS – Guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, Kepolisian Resor (Polres) Kudus menggelar operasi rutin di depan Hotel Air mancur Kudus, Jumat (12/07). Operasi di pimpin KBO Satlantas Polres Kudus, IPTU Upoyo dengan melibatkan 16 personil Satlantas.

Kasat Lantas Polres Kudus AKP Ikrar Potawari SH, S.Ik, M.Si melalui KBO Satlantas IPTU Upoyo menyampaikan, dalam kegiatan operasi candi tersebut pihaknya melakukan penindakan terhadap ratusan sepeda motor, mobil dan truk muatan. Diungkapkannya, rata-rata pengemudi yang terjaring razia lantaran tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM).

“Hari ini ada 83 pengemudi yang terkena razia, sebanyak 4 orang ditilang karena tidak memiliki SIM. Lalu 76 orang ditilang karena tidak membawa STNK dan 3 orang ditilang karena tidak membawa SIM dan STNK,” jelasnya.

Ditambahkan IPTU Upoyo, sebenarnya kesadaran masyarakat Kudus di kawasan perkotaan sudah cukup baik dalam mentaati peraturan berlalu lintas. Sebagian besar pengendara yang melintas sudah tertib mengenakan helm pengaman. Hanya saja, sebagian dari mereka masih banyak yang tidak tertib administrasi,” imbuhnya.

“Dari hasil penindakan, ada yang tidak membawa SIM dan STNK karena lupa, ada juga yang memang belum membuat. Semua pelanggaran ini kami tindak, karena ini bukan lagi sosialisasi tetapi sudah pelaksanaan,” tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskan IPTU Upoyo, bahwa pelaku pelanggaran berlalu lintas yang terjaring razia sangat beragam. Tidak hanya dari kalangan pelajar, tetapi juga para pedagang dan pegawai.
Selain melakukan razia terhadap sepeda motor, pihaknya juga melakukan razia kepada kendaraan mobil pribadi maupun mobil barang. Kebanyakan kendaraan mobil barang yang terkena razia tidak melakukan uji mutu kendaraan bermotor (KIR). Untuk kendaraan yang belum melakukan KIR nanti akan ditindak lanjuti oleh Dinas Perhubungan (Dishub),” katanya.

Melalui kegiatan tersebut, dia berharap kedepannya saat pelaksanaan arus lalu lintas di Kabupaten Kudus bisa lancar, keamanan dan ketertiban berlalu lintas bisa terkondisikan mulai saat ini menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

Liputan/Rillis : ( Jimmy )
Publish : (Baraboy)

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: