BUMDes Darul Aman bentuk Unit Pangkalan Gas LPG Untuk Atasi Kelangkaan

elpiji01Onlinebuser.com,Bengkalis,Rupat- Sering terjadinya kelangkaan dan permainan harga Gas Lpg (Liquefied Petrolium Gas) 3 Kg di masyarakat membuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Darul Aman mendirikan Unit pangkalan gas Lpg 3 kg sendiri.

Usaha yang di pakarsai kerena adanya gejolak di masyarakat dan semakin meningkatnya pemakai Gas Lpg 3 Kg ini menbuat BUMDes  Darul Aman semakin matang akan keberhasilan jenis usaha pangkalan ini. Bukan bertujuan meraup untung semata tetapi mementingkan aspek kemasyarakatan guna memenuhi kebutuhan Gas Lpg di masyarakat.

Unit usaha pangkalan Gas Lpg 3 Kg yang tengah berjalan pengurusan izin-izinya ini di beri nama “Amanah Gas”  dalam memulai usahanya  BUMDes ini  menjalankan 1 (satu) DO (Deliveri  Order) sesuai kemampuan modal yang ada, akan tetapi tidak menutup kemungkinan di tahun berikutnya akan menambah jumlah DO jika tidak mencukupi kebutuhan Gas Lpg 3 Kg di masyarakat.

Dalam penjelasanya kepada Kompasriau, Pj Kepala Desa Darul Aman Hairul Bahar sangat mendukung berdirinya Unit pangkalan Gas Lpg yang di gagas oleh BUMDes “Satu Hati” Desanya, selain guna mengatasi kelangkaan aau keterlambatan jenis Gas Lpg 3 kg, unit ini juga membuka lapangan kerja di masyarakat sehingga semua saling berkaitan, masyarakat terbantu dan desapun mendapat Pendapatan Asli Desa (PADes). Bahkan pihaknya juga berjanji akan tetap memberikan bantuan penyertaan modal di tahun berikutnya apabila usaha yang di jalankan BUMDes ini berjalan lancer dan di kerjakan dengan penuh tanggung jawab termasuk laporan keuangan yang telah di salurkan.

“Kami dari pemerintahan Desa akan selalu mendukung dan mengawal usaha-usaha BUMDes  untuk terus maju dan berkembang, apabila semua modal dapat terserap dengan baik maka kami akan sertakan modal di tahun berikutnyaguna mengembangkan usaha yang ada atu unutuk membuka Unit usaha baru” ungkap Kades

Untuk memulai usahanya BUMDes ini mengalami banyak kendala selain letak Desa adalah Desa yang sangat terisolir di tambah akses jalan menuju Desa yang sangat buruk bahkan ada jalan poros yang belum pernah sama sekali tersentuh pembangunan sehingga usaha ini hanya mengandalkan tranportasi laut untuk kedepannya. Sehingga tak heran apabila harga jual Gas Lpg 3Kg mengalami kenaikan yang cukup tinggi di banding tempat-tempat lain dikarenakan besarnya biaya tranportasi pengiriman.

Selain dukungan dari masyarakat dan pemerintah Desa untuk menjalankan semua jenis usaha di BUMDes tak terlepas dari pendampingan dan pengarahan yang terus menerus oleh Kordinator ekonomi Kecamatan dan juga pendamping Ekonomi DEsa Darul Aman.

Seperti yang di utarakan Pendampin Desa Ekonomi, Sarifudin  jenis-jenis usaha yang telah di jalankan oleh BUMDes ini tidak lahir begitu saja, akan tetapi banyak tahapan untuk memulainya  diantaranya harul melakukan uji kelayakan terlebih dahulu, apabila prospek kedepan bagus dan tidak mematikan usaha di masyarakat barulah uasaha dalam unit BUMDes dapat di jalankan.

“Uji kelayakan Dalam setiap jenis usaha itu sebuah syarat yang wajib karena biar tahu untung rugi dan aspek di masyarakat, sehingga usaha dapat di jalankan dan modal tidak terbuang dengan percuma “ harap safrudin

Unit usaha pangkalan Gas Lpg yang akan di jalankan oleh BUMDes Darul Aman ini juga membuka peluang bagi masyarakat atau BUMDes lain yang mau bergabung atau bekerja sama sesuai ketentuan yang ada.

Masih kata sarifudin, sangat mendukung usaha pangkalan gas LPG yang Bumdes darul aman dirikan, mengingat keberhasilan pemerintah dalam program peralihan dari minyak tanah ke gas LPG sehingga sudah jelas pemakaian gas lpg 3 kg yang  bersubsidi  meningkat setiap tahunnya di masyarakat.

Disamping itu Pendamping Desa  juga mengingatkan kepada pengelola BUMDes untuk selalu berkordinasi  dalam pelaksanaan penggunaan modal untuk memilih dan memulai usaha-usahanya, juga tetap mengikuti peraturan atau mekanisme yang ada. Sehingga usaha dapat berjalan, seperti tujuan BUMDes dapat menjadi gerbang perekonomian Desa.

 

Liputan/Rilis : (Choirul)
Editor : Nofri

1 Komentar on BUMDes Darul Aman bentuk Unit Pangkalan Gas LPG Untuk Atasi Kelangkaan

  1. Mantap

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: