KOPI JENIS ROBUSTA SEBAGAI TANAMAN UNGGULAN DINAS PERTANIAN KABUPATEN CIAMIS

Onlinebuser.com. Ciamis- Dalam rangka mengangkat potensi alam Kabupaten ciamis, Kepala Dinas Pertanian Hj. Kustini memaparkan salah satu potensi alam produk pertanian unggulan yaitu tanaman kopi jenis Robusta, yang tidak akan kalah bersaing di pasaran mengingat hasil tanaman kopi tersebut setelah di olah menghasilkan produksi olahan kopi yang mempunyai ciri khas tersendiri serta banyak kelebihan-kelebihanya di bandingkan hasil olahan kopi di daerah luar ciamis demikian beliau kepada SKM-ONLINE BUSER (27/02/2019) Di ruang kerjanya.

Meskipun olahan kopi bubuk masih di olah secara konpensional akan tetapi terbukti hasil olahan produksi kopi merek KI OYO Ciamis, meskipun belum mendunia pemasaranya sudah bisa dirasakan perbedaan nikmat serta aroma ciri khasnya yang luar biasa di wilayah priangan timur Jawa Barat dan Jawa Tengah ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ciamis Hj. Kustini tidak henti-hentinya mensosialisasikan dalam peningkatan daya tanam dan pola tanam kopi jenis robusta tersebut baik melalui lintas sektoral lebih-lebih kepada para kelompok tani, salah satunya dengan memberikan bantuan pengadaan bibit kopi jenis robusta dalam jumlah tidak terbatas sesuai kemampuan tanam kelompok tani masing-masing di wilayahnya.

Dengan greget dan antusiasnya Hj. Kustini hendak mengangkat potensi alam kabupaten Ciamis karena selama ini dipandang belum ada produksi unggulan yang sekupnya dapat menjangkau masyarakat Internasional (Go-Internasional) tapi Hj. Kustini yakin dengan produksi kopi Bubuk hasil olahan Ki Oyo Ciamis ini bisa mendunia dengan syarat ada dukungan dari semua pihak tegasnya.

Dasar dari buah pikir Hj. Kustini keinginan untuk mendongkrak unggulan potensi alam kabupaten Ciamis karena respon masyarakat untuk budidaya tanam kopi yang semangkin memudar sehingga perlu di dorong kembali rasa keinginannya untuk menanam tanaman kopi dengan banyak cara yang bisa di lakukan diantaranya memperluas lahan tanam, pemanfaatan lahan kosong dengan cara tumpang sari ataupun lahan tidak produktif lainya bahkan bisa di pot-pot atau polibek dengan teknologi kreatif paparnya.

Sejak adanya peradaban manusia Air KOPI adalah mengandung simbol lambang sajian pergaulan yang harmonis dan indah karena ada dua perpaduan rasa yang berbeda di satukan menjadi sajian yang enak menyenangkan, sehingga ketika ada pertemuan manusia, Bangsa yang berbeda-beda dapat merasakan rasa yang sama, mencairkan situasi, menambah keakraban, menyatukan perbedaan pendapat akan tetapi dapat membuahkan hasil yang lebih baik mengenakan, demikian kenapa tanaman kopi harus diunggulkan dan menjadi unggulan potensi alam Kabupaten Ciamis karena disamping sajian kopi pelengkap kenikmatan juga mengandung palsapah hidup dan kehidupan yang luar biasa. pungkasnya.

Liputan Rilis: ( SENO T )
Editor : Nofri

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: