Dummy Pileg 2019 Sudah Ditetapkan

Onlinebuser.com, Purbalingga – Rancangan surat suara (Dummy) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2019 sudah ditetapkan. KPU Purbalingga kemarin (11/12/2018) mensosialisasikan kepada para perwakilan Parpol. Dummy tersebut rencananya akan mulai dicetak pada awal Januar mendatang.

“Ini sudah melalui validasi KPU RI terlebih dahulu, sesuai pada daya para caleg. Sebelumnya ada dua yang tidak pas, yaitu nama caleg. Ada yang tidak sesuai tulisan di KTP, tapi sudah direvisi, sekarang sudah klir,” kata Zamaahsari Komisiiner KPU Purbalingga, di Aula KPU Purbalingga, kemarin.

Lebih lanjut ia menyampaikan, kertas suara tersebut sudah melalui validisi yang dilakukan di Jakarta, awal Desember. Penetapan ini berdasar pada Daftar Calon Sementara (DCS) dan Daftar Calon Tetap (DCT), yang telah dilakukan sebelumnya.

Kertas suara yang dibagikan yaitu nama-nama caleg Kabupaten Purbalingga yang dibagi dalam tiap daerah pemilihan (dapil). Di wilayah Kabupaten Purbalingga terdapat lima daerah pemilihan (dapil).

“Nantinya ada lima jenis dummy untuk masing-masing dapil. Surat suara akan dicetak oleh KPU RI pada 2 Januari 2019 dan selanjutnya didistribusikan ke provinsi/kabupaten/kota,” ujarnya.

Diketahui, ukuran suara yang diatur adalah 22×31 cm untuk Pilpres, 58×42 cm untuk Pemilihan DPD dan 51×42 cm untuk Pemilihan DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Lima warna surat suara itu adalah hitam/abu-abu (Pilpres), kuning (DPR RI ), merah (DPD), biru (DPRD Provinsi) dan hijau (DPRD Kabupaten).

Sementara itu, sampai saat ini KPU Purbalingga juga masih menunggu tambahan logistik untuk Pemilu. Sampai saat ini, baru terdistribusikan beberapa saja, diantaranya bilik suara, kotak suara, dan tinta.

 

 

Liputan Rillis : Kurniawan.
Editor : Nofri.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!