Polisi Ringkus Dua Pencuri Ponsel

Onlinebuser.com, PURBALINGGA – Rasino (42) warga Desa/Kecamatan Kemangkon dan Suswanto (32) warga Desa Karangsari, Kecamatan Karangmomcol, Purbalingga, Dua pelaku pencurian ponsel di dua lokasi berhasil diringkus oleh polisi dalam waktu yang hampir bersamaan.

Suswanto ditangkap warga dan polisi setelah diketahi masuk rumah milik Kurnia Pujiningtyas (23) warga Desa Karangsari, Kecamatan Karangmoncol dan membawa kabur dua ponsel milik korban pada Kamis (4/7/2019) lalu. Modusnya, masuk rumah korban melalui jendela sekitar pukul 03.30 WIB.

“Korban yang tidur, tiba-tiba terjaga dan melihat pelaku. Korban lalu berteriak. Pelaku kabur. Korban lalu menghubungi kami,” kata Kabagops Polres Purbalingga Kompol Herman Setiono didampingi Pj Kapolsek Karangmoncol, Iptu saat pers rilis, Kamis (11/7/2019).

Polisi dan warga kemudian melakukan pencarian pelaku. Akhirnya pelaku berhasil ditangkap sedang bersembunyi di kebun tak jauh dari rumah korban. Korban lalu dibawa ke Mapolsek Karangmoncol.

Dari tangan tersangka diamankan dua ponsel milik korban, tas berisi uang, ATM dan lipstik. Pelaku merupakan residivis dan pernah masuk penjara dua kali dengan kasus yang sama.

Sedangkan Rasino merupakan pelaku pencurian ponsel milik Risman (53) pada Sabtu (6/7/2019) lalu. Pelaku beraksi di rumah Tumini di Desa/Kecamatan Kemangkon pada malam hari. Pelaku masuk rumah tersebut melalui jendela. Setelah mendapat laporan, polisi kemudian melakukan penyelidikan.

“Pada malamnya, kami mendapat informasi dari pemilik toko ponsel di Purwareja Klampok Banjarnegara, ada seorang yang akan menjual ponsel batangan. Kami berkoordinasi dengan Polsek Purwareja Klampok untuk membantu mengamankan orang tersebut,” kata Kapolsek Kemangkon AKP Purwoko.

kata Kabagops Polres Purbalingga Kompol Herman Setiono didampingi Kapolsek Kemangkon, AKP Purwoko saat pers rilis, Kamis (11/7/2019).

Setelah pelaku dan ponsel diamankan, polisi mengecek nomor IMEI ponsel itu dan ternyata sesuai dengan milik korban yang hilang. Pelaku dibawa ke Polsek kemangkon untuk diproses lebih lanjut. Pelaku yang bekerja sebagai kuli angkut pasir itu mengaku baru pertama kali mencuri.

Kedua pelaku kini mendekam di tahanan Polres Purbalingga untuk mempertangungjawabkan perbuatan mereka. Keduanya dijerat dengan Pasal 363 KUHP ayat 1 ke-3 e jo pasal 53 ayat 1 tentang pencurian dengan pemberatan dan terancam hukuman penjara maksimal empat tahun.

Liputan/Rillis : (Kurniawan)
Publish : (Baeaboy)

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: