DIDUGA PEMBANGUNAN JALAN RABAT BETON DESA SINDANGKERTA TIDAK SESUAI SPEK DAN BORONGKAN

Onlinebuser.com, TASIKMALAYA – Dana Desa ( DD ), Desa Sindangkerta Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat tahap satu tahun anggaran 2019 sebagian dialokasikan untuk pembangunan jalan rabat beton di dusun sindangkerta, hanya dalam penerapanya menuai pro dan kontra karena pekerjaan tersebut di borongkan kepada pemborong dari luar daerah begitu kata salah satu anggota masyarakat yang tidak mau di sebut namanya,

“meski di lingkungan pekerjaan terpasang papan pagu anggaran tapi tidak di cantumkan waktu dan tanggal mulai dan akhir pekerjaan apa mungkin menggunakan dana talang dahulu sehingga tanggal dan waktunya di kosongkan. selain itu pemakaian material batu tidak memenuhi standar keharusan atau tidak sesuai spek, kemudian ketika kami SKM BUSER / ONLINE BUSER dan team turun ke lokasi 02/07/2019, terlihat mengisi komposisi adukan semennya hanya setengah zak yang diisikan ke molen mesin pengaduk matrial, padahal seharusnya satu zak dengan berat 40kg, begitupun beskos urugan material tidak layak dipakai selain lempung juga kotor.

SKM BUSER / ONLINE BUSER Konfirmasikan kepada SEKDES JAJANG yang pada waktu itu ada di lokasi, JAJANG mengatakan untuk material urugan ngak apa-apa seperti itu kan hanya urugan doang,” ujarnya.

Pemakaian material yang baik untuk rabat beton menurut analisa aturan adalah Semen, Pasir dan Kerikil dengan komposisi analisa K125 yang artinya : untuk takaran semen 1 zak, pasir 3, kerikil 5. Lalu untuk takaran menurut analisa K175 artinya: semen 1 zak, pasir 2, dan kerikil 5. Kenyataan pada pekerjaan tersebut pemakaian material pasir dan batu ( Sirtu ) serta material lempung yang tidak di izinkan menurut aturan, karena akan mempengaruhi pemakaian semen nantinya.

Kalau kami simpulkan untuk pekerjaan tersebut terkesan asal-asalan kemudian bagaimana peran para pengawas dalam hal ini Inspektorat dan kejaksaan ga ada gerakan sama sekali dan tidak berperan untuk menindaklanjuti hal-hal seperti demikian serta membiarkan tindakan seperti itu terjadi berulang-ulang, dan kami akan terus ikut memantau sampai berita berikutnya.

Liputan/Rillis : (Seno TS & Team)
Publish : (Baraboy)

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: