23.670 e-KTP Rusak,Dimusnahkan Dengan Dibakar

Onlinebuser.com, Purbalingga – Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang sudah invalid ataupun rusak dimusnahkan di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten PurbaIngga, Rabu (19/12/2018).

Pemusnahan dilakukan oleh petugas dari Disdukcapil dengan cara dibakar. Usai pemusnahan dilakukan penandatanganan berita acara oleh pihak Disdukcapil, kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja dan sejumlah saksi.

Dalam kesempatan tersebut, petugas kepolisian ikut menjadi saksi pemusnahan e-KTP yang sudah invalid rusak. Hadir dari Polres Purbalingga Kaurbinops Satreskrim Iptu I Made Nergo dan Kaurbinops Satsabhara Iptu Wartono.

Kepala Disdukcapil Kabupaten PurbaIngga Imam Sudjono, mengatakan jumlah e-KTP yang dimusnahkan sebanyak 23.670 keping. Pemusnahan e-KTP mendasari Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri Nomor : 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember 2018 tentang Penatausahaan e-KTP invalid atau rusak.

“Pemusnahan dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan e-KTP serta mencegah munculnya isu-isu kontraproduktif terkait e-KTP,” jelas Imam.

Imam menambahkan, dalam pemusnahan e-KTP invalid dengan pembakaran merupakan cara baru dalam standar operasional prosedur (SOP) pemusnahan e-KTP. Sebelumnya pemusnahan e-KTP rusak hanya dilakukan dengan cara pengguntingan.

 

 

 

Liputan Rillis : Kurniawan.
Editor : Nofri.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


error: Content is protected !!