SATRESKRIM POLRES BLORA BERHASIL BEKUK 3 PELAKU PEMBOBOL SARANG WALET

Alif Setiyono (32), Bekti Wibowo Santoso (28), Sabar Romansyah (33), ketiga pelaku pembobol sarang walet

 

Onlinebuser.com, Blora – Sejak dulu sampai sekarang, sarang walet selalu menjadi incaran para pencuri. Karena sarang walet dinilai mempunyai nilai jual tinggi. Pencurian sarang walet kali ini terjadi pada  Rabu dini hari 03 Januari 2018 kemarin, di Desa Bedingin Kecamatan Todanan Kabupaten Blora Jawa Tengah.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun oleh SKM Buser, pemilik sarang walet tersebut bernama, Bambang (45) yang merupakan warga Batam Kepulauan Riau. Menurut warga sekitar, Bambang telah mempercayakan penjagaan sarang walet miliknya tersebut kepada Supriyanto (47) yang rumahnya tidak jauh dari lokasi.

Pembobolan sarang walet ini diketahui oleh Supriyanto setelah sebelumnya dirinya mendapatkan telepon dari bosnya supaya mengecek keadaan sarang walet tersebut dengan maksud agar tahu kondisi sarang waletnya sudah siap panen apa belum.

Usai terima telepon, Supriyanto langsung naik ke atas bangunan dan dirinya merasa kaget melihat ada bekas lubang yang ditambal semen dan kelihatan masih baru. Setelah melihat ke dalam, ternyata sarang waletnya amblas. Melihat kejadian tersebut Supriyanto langsung melaporkannya ke Polsek Todanan.

Setelah mendapatkan laporan, Tim Resmob langsung gerak cepat mendatangi lokasi dan langsung mengadakan olah TKP serta pemeriksaan saksi-saksi. Setelah mendapat informasi, Tim Buser Satreskrim Polres Blora yang dipimpin oleh KBO Iptu Lilik Eko langsung mengadakan pengejaran.

Dan benar, kurang dari 12 jam, sekitar pukul 16.00 ketiga elaku sudah berhasil dibekuk diperempatan lampu merah Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati. Ketiga pelaku tersebut bernama Alif Setiyono (32) warga Dukuh Tlogotunggal Ds. Konang, Kecamatan Sumber Kabupaten Rembang, Bekti Wibowo Santoso (28) dan Sabar Romansyah (33) keduanya merupakan warga Ds. Ndoropayung Kecamatan Juwana Kabupaten Blora.

“Ketiga pelaku berhasil kami tangkap berkat bantuan masyarakat. Kini ketiganya telah kami amankan berikut barang bukti,” kata Kasatreskrim Polres Blora AKP Hery Dwi Utomo pada Kamis (12/1) pagi.

KBO Satreskrim Polres Blora Iptu Lilik Eko menambahkan bahwa para pelaku ini diperkirakan memang spesialis pembobol sarang walet, karena dari hasil pemeriksaan sementara dan dari barang bukti yang telah diamankan petugas menunjukkan bahwa komplotan ini sudah sering beraksi di berbagai wilayah.

“Saat ini pelaku masih dalam tahap pemeriksaan dan pengembangan. Ketiganya akan diancam dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan,” tambahnya.

Kini ketiga pelaku telah diamankan petugas berikut barang bukti yakni satu buah mobil pick up suzuki, 2 senter baterai, 2 mata bur, 7 linggis, 1 buah tali tambang serta 1 buah karung yang berisi sarang walet ± 1 kg.

 

 

Liputan/Rilis: (Edy/ Harti Blora)
Editor : Nofri

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!