Saluran Irigasi Tak Kunjung Diperbaiki Menambah Penderitaan Petani Lingkar Gunung Sinabung

Onlinebuser.com, Tanah Karo-Onlinebuser.com-Penderitaan petani Karo khususnya yang berada di bawah kaki gunung Sinabung semakin kompleks.

 Hal ini di sebabkan tidak berfungsinya saluran irigasi Tanjungmerawa yang yang rusak akibat seringnya di terbang banjir lahar dingin Gunung Sinabung. Padahal irigasi ini yang mengairi ratusan hektar persawahan beberapa desa di Kecamatan Tiganderket Karo seperti desa Temburun, Desa Tiganderket, Desa Sukatendel, Desa Susuk, serta beberapa desa sekitarnya.

Kepala Desa Tanjungmerawa, Jansen Ginting, Kepala Desa Tiganderket Arie Anfi Kemil Sembiring, SE, Msi, Kepala Desa Sukatendel, Dewanto Perangin-angin, serta beberapa warga Roni Peranginangin, Yusuf Perangin-angin, Heroplin Peranginangin, Matius Ginting yang dikonfirmasi, Selasa (9/1) di persawahan Jalontih, Sukatendel, mengakui sudah 7 tahun sejak erupsi Sinabung terjadi, irigasi Tanjungmerawa rusak dan sampai saat ini tak kunjung diperbaiki  oleh Pemkab Karo. 

“Kami sangat berharap irigasi ini segera di perbaiki oleh Pemkab Karo.Karena sangat vital menunjang kehidupan ekonomi masyarakat sekitar yang mayoritas hidup dari sektor pertanian.  Biasanya kebutuhan beras kami  di cukupi  dari persawahan ini.  Tetapi sejak irigasi ini rusak ekonomi masyarakat benar-benar terpuruk,”ujar kepala desa dan warga.

Lebih jauh dikatakan, mereka para petani terpaksa membeli air untuk menyiram tanaman  sehingga biaya produksi semakin bertambah. 

“Terpaksalah kami mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli air agar tanaman kami bisa tumbuh, “ujar mereka. Pantauan di lapangan, lahan yang biasanya di tanam padi dialihkan ketanaman  lainnya seperti cabe, tomat, jagung dan lainnya.

 

Liputan/Rilis:  (Dameanus Tarigan ) 
Editor : Nofri

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!