POLRES BARUT MASIH SELIDIKI TRUK HINO BERMUATAN KAYU OLAHAN

Onlinebuser.com, BARITO UTARA – Isapan jempol layak di acungkan kepada Tim Buru Sergap (Buser_red) satuan Reskrim Polres Barito Utara (23/09/2017) saat itu anggota kepolisian melaksanakan kegiatan kepolisian yang di singkat (K2YD_red) sekitar jam 21.30 WIB, di Tempat Kejadian Perkara (TKP) Jalan Trans Kalimantan Muara Teweh – Kaltim Tim K2YD berhasil mengamankan satu buah truck merk Hino Lohan warna hijau dengan Nopol DA 9914 AU.

Saat dikonfirmasikan ke Kapolres Barito Utara AKBP Tito Pamungkas S, Sik melalui kasat Reskrim (25/09/2017) AKP Benito H Sik di ruangan kerjanya mengatakan ” kita masih lakukan proses penyelidikan terhadap sopir yang beriniasl (TC) mengenai kayu olahan yang telah kita amankan kemarin, “katanya.

Disinggung wartawan kayu olahan itu mau di bawa ke mana…? Dan milik siapa…? Benito mengatakan “kita belum tau karena proses penyelidikan keterangan terhadap sopir masih dalam proses dan kita juga belum menyampaikan hasil temuan yang kita amankan ini (satu unit truck beserta kayu olahan jenis balau) ke pimpinan, tuturnya.

Kemudian mengenai jumlah kayu olahan yang kita amankan belum kita ketahui pasti berapa kubik jumlahnya, untuk memastikan berapa jumlah kubik kayu tersebut kita akan berkoordinasi dg Dinas Kehutanan, yang pasti dugaan kita sementara berjumlah puluhan kubik, “Tambahnya.

Seorang Anggota aktivis LSM Forum Penegakan Hukum Kalteng (26/09/2017) Yurin, “mengatakan bahwa kita sudah hampir 1 bulan memantau kegiatan aktivitas kayu olah yang ada di Daerah Kabupatem Barito Utara ini yang di bawa ke luar Daerah menuju Banjarmasin dengan menggunakan truck dengan kapasitas muatan puluhan kubik dengan hanya di lengkapi Dokumen berupa Surat Keterangan Sahnya Hasil Hutan Kayu (SKSHHK). Terangnya.

“Ia juga menambahkan agar kiranya Penegak Hukum jeli dalam hal penggunaan Dokumen SKSHHK ini apakah sudah sesuai dengan Asal-usul kayu yang di peroleh atau tidak, jangan-jangan tidak sesuai dengan Dokumen SKSHHK yang di tentukan, “Tambahnya.

Hasil pantauan SKM Buser samapai saat ini truk hino lohan yang diamankan pihak Polres Barito Utara masih ada di sekitar Makopolres Barito Utara.

 

Liputan/Rilis: ANUNG
Editor : Nofri

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!